Pengalaman Pertama Kali Mendaki Gunung

Yup, kali ini saya akan menceritakan pengalaman pertama kali melakukan aktifitas yang mungkin termasuk olahraga ekstrim tapi mengesankan.

jadi gini pada bulan maret di tahun 2015 di kosan seperti biasa segerombolan anak2 muda berkumpul, yang hadir dlam perkumpulan pemuda itu ada Irun, ichan, dan saya sendiri, kami bertiga satu kosan. Selain itu juga hadir octa, deri, sidil sebagai tamu undangan, jhaha :v :v

awalnya sih agendanya membuat tugas kuliahan yg sudah mendekati deadline, sudah biasa kita buat tugas kuliahan di kosan, lebih tepatnya bisa disebut "basecame" nya untuk kumpul dan ngerjain tugas-tugas kuliah.

Tugas kuliah pun selesai pada pukul 10 malam dan seteleh itu kita lanjut ngobrol-ngobrol dengan berbagai macam pokok pembahasan, sampai kita pada topik refreshing, okta mengungkapkan sebuah rencana refreshing yang cukup menarik untuk dibahas, Rencana itu ada lah pendakian sebuah dengan nama gunung Talang. Gunung talang terletak di kawasan solok, sumatera barat. Ketinggian Gunung talang 2571 mdpl.

Lanjut, octa menjelaskan detail rencana pendakian tersebut. oh ya, tempat tinggal octa juga berada di solok tidak jauh juga dari kawasan gunung talang, dia udah dibilang sering mendaki gunung talang, okta merencanakan mulai dari persiapan, perlengkapan yang harus di persiapkan sebelum berangkat, setelah diperhitungkan semuanya akhirnya kita sepakat mengumpulkan iuran sebesar 40 ribu untuk membeli keperluan pendakian.

Kami memutuskan untuk pergi pada hari jum'at sore dari kota padang, masih ada waktu 3 hari untuk kami menyiapkan segala sesuatunya, juga mengumpulkan teman-teman yang lain yg kpingin ikut juga. Akhirnya terkumpul sekitar 15 orang yang akan ikut dalam agenda pendakian ini, ada 6 orang cewek dan 10 orang cowok dari kelas tang berbeda tapi jurusan yang sama.
Setelah iuran terkumpul kami membagi tugas untuk persiapan, ada yang membeli bahan2 konsumsi, ada yang sewa tenda serta persiapan kendaraan yang akan dibawa.

Semua persiapanpun udah siap dan terkumpul, pada hari kamis kami berkumpul di kampus untuk membahas teknis dan jadwal keberangkatan di hari H, kami memutuskan untuk berangkat pada hari sabtu sekitar pukul 4 siang dari kota padang.

Hari H..

--> akhirnya hari H nya tiba, kami mempersiapkan keperluan pribadi masing untuk di bawa, sampai kira pukul 1 siang kami janjian ngumpul di kampus jam 3 siang. Yup, semua sudah berkumpul dengan kendaraan 9 motor, kami membagi tugas untuk membawa perlengkapan.

Lanjut, jam 4 tengteng kita mulai perjalanan dati kota padang, titik awal perjalan adalah di kampus upi, perjalanan ke kaki gunung talang diperkirakan memakan waktu sekitar 3 jam-an dengan kendaraan bermotor ya itupun dengan kecepatan sedang, selama perjalanan kami mengatur jarak antar kendaraan agar tidak ada yang saling mendahului satu sama lain.

Pada pukul 19.30 wib kami sudah sampai di perkampungan dibawah kaki gunung, semua motor dan helm dititipkan di rumah salah seorang warga dengan biaya penitipan 10 ribu rupiah per motor. setelah motor dititipkan kami istrahat sebentar dan lanjut persiapan nanjak, semua perlengkapan tak lupa dibagi tugaskan untuk dibawa ke atas.

Tak lupa, minta izin kepada tetua dan warga yang ada di kaki gunung untuk bisa naik ke atas.
Sekitar pukul setengah sembilan kami memulai perjalanan, dengan perencanaan tidak langsung naik ke puncak, tapi menginap di area pintu gerbang masuk kawasan gunung talang. Karena mengingat resiko jika tetap melanjutkan perjalanan pada malam hari.
perjalanan dari perkampungan ke gerbang masuk kawasan gunung kira 45 menitan lah.

Sekitar jam setengah sepuluh kami sudah sampai di batas gerbang masuk kawasan gunung, ternyata di sana ada pondok penduduk sekitar yang ukuran lumayan untuk tempat peristrahatan kami. Nampaknya pondok milik penduduk tersebut digunakan untuk berjualan, terlihat bnyak sampah2 plastik kue yg berserakan di sekitar pondok, juga ada etalase tempat berjualan dibagian depan, dan kami udah di izinkan oleh warga, tadi sebelum kami berangkat sudah di pesankan agar menginap dulu di pondok tersebut, mengingat resiko yang terjadi jika terus melanjutkan perjalanan.

Sebagian dari kami tidur didalam pondok, serta sebagian lagi Memasang tenda diluar pondok, untuk ditempati cewek, tak lupa kami juga membuat api unggun untuk menghangatkan tubuh yang sudah mulai kedinginan.

Sekitar jam 6 pagi kami semua mulai melakukan persiapan, tak lupa di dahului dengan sarapan pagi. semua perlengkapan di cek satu per satu, dan jam 7 pagi kami semua mulai berangkat dari pondok tempat kami menginap tadi,

rute perjalanan ke puncak gunung talang tidak terlalu susah, selama diperjalanan kita dimanjakan dengan pemandangan yang indah, serta udara yang sejuk. mmeski ada bebarapa rute yang memerlukan ke waspadaan, karena terdapat jurang di kanan kiri jalan.

Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
September 28, 2017 at 3:10 AM ×

Wah seru juga ya naik gunung, pengen naik ke gunung lawu belom kesampean hehe

Www yukgas id

October 6, 2017 at 10:25 PM ×

iya seru gan, apalagi naiknya bareng teman2 terdekat..
suasana ketenangannya itu gan bikin nagih :D

October 30, 2019 at 8:08 AM ×

terimakasih atas infonya jangan lupa kunjungi blog saya ; posthigher.home.blog dan jangan lupa cek website kampus saya ; ppns.ac.id