Yang Jarang di Ketahui Orang Dalam Media Sosial

Perkembangan internet saat ini memang sudah sangat pesat sekali perkembangannya, siapapun dapat ikut andil dalam perkembangan internet. Mulai dari anak-anak, remaja, maupun orang-orang dewasa. Fitur yang terdapat dalam berinternet pun sangat berbagai macam bentuknya, mulai dari berbagai informasi berupa tulisan, video, gambar, maupun fitur hiburan lainnya.

Salah satu Fitur dan dalam internet adalah Sosial media, 

"Apa itu sosial media?"

Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu

Sosial media meghapus batasan-batasan manusia untuk bersosialisasi, batasan ruang maupun waktu, dengan media sosial ini manusia dimungkinkan untuk berkomunikasi satu sama lain dimanapun mereka bereda dan kapanpun, tidak peduli seberapa jauh jarak mereka, dan tidak peduli siang atau pun malam.
Orang yang pintar dapat memanfaatkan media sosial ini untuk mempermudah hidupnya, memudahkan dia belajar, mencari kerja, mengirim tugas, mencari informasi, berbelanja, dll.

Media sosial menambahkan kamus baru dalam pembendaharaan kita yakni selain mengenal dunia nyata kita juga sekarang mengenal “dunia maya”. Dunia bebas tanpa batasan yang berisi orang-orang dari dunia nyata. Setiap orang bisa jadi apapun dan siapapun di dunia maya. 
Ya…
dibalik segudang manfaat sosial media, ada beberapa dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari media soal yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
Dampak negatif tersebut disebabkan oleh penyalahgunaan media sosial.

Diantara dampak negatif tersebut antara lain:

  v Hilangnya rasa sosialisasi di dunia nyata
Sosial media dapat menghilangkan rasa sosialis dalam dunia nyata, lupa waktu dan lupa pada lingkungan sekitarnya. Hal inilah yang menyebabkan kurangnya interaksi kepada orang2 disekitarnya.
Saya sendiri sering merasakannya saat berkumpul bersama teman2, semuanya pada sibuk dengan gadget masing-masing tanpa memikirkan rasa kebersamaan.

  v Waktu yang sangat menjadi sia-sia
Memang sosial media memiliki segudang kelebihan. tapi kalau dalam bersosial media terlalu berlebihan hal itupun akan berdampak buruk, waktu yang digunakan dalam sosial media akan menjadi sia-sia.

  v Kurang pergaulan
Poin ini ada kaitannya dengan poin yang pertama, akibat terlaul keseringan dalam sosial media akan menyebabkan sesorang berprilaku introvert sehingga akan mengakibatkan kurangnya kepercayaan diri dalam pergaulan.

  v Kewajiban agamapun terlalaikan.

Selain itu dampak lain yang dapat kita lihat yaitu maraknya pembulyan di media sosial serta ujaran kebencian yang dilakukan oleh pihak2 tertentu.
So,,  lebih bijak lagi dalam bersosial media.
“jarimu harimau mu”, agaknya pepatah ini ada benarnya juga…
Previous
Next Post »
Thanks for your comment